Nama : Amalia Dwi Septiana
NIM : 01219075
Kelas : Manajemen A
Mata Kuliah :
Etika Bisnis
Tugas 2 : Carilah contoh Perusahaan Modern yang masih menerapkan Etika dalam Bisnis dan berikan ulasan sumber secara teoritis, data, dan persepsi.
Etika
bisnis adalah salah satu cara melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh
aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan masyarakat. Dalam
perusahaan, etika bisnis dapat membentuk nilai, norma, dan perilaku karyawan
hingga pimpinan dalam membangun hubungan yang baik, adil, dan sehat dengan
pelanggan, rekan kerja, pemegang saham, hingga masyarakat. Etika bisnis
juga dapat menjadi salah satu standar bagi seluruh karyawan, termasuk
manajemen.
Salah
satu perusahaan yang menerapkan etika dalam bisnis yaitu perusahaan PT. Telkom.
Telkom senantiasa memegang teguh moral dan etika yang merupakan landasan
penerapan GCG. Good Corporate Governance (GCG) atau Tata Kelola Perusahaan yang
Baik adalah prinsip-prinsip yang mendasari suatu proses dan mekanisme
pengelolaan. Penerapan prinsip GCG / tata kelola perusahaan yang baik dapat
meningkatkan kinerja perusahaan dan nilai ekonomi jangka panjang bagi para investor
dan pemangku kepentingan (stakeholder). Contoh dari penerapan GCG adalah sistem
pengendalian dan pengawasan intern, mekanisme pelaporan atas dugaan
penyimpangan, tata kelola teknologi informasi, pedoman perilaku etika, dsb. Dengan
seiring waktu pembelajaran dalam mengelola GCG, maka penerapannya membentuk
kesadaran hukum dan menghasilkan karyawan yang peka terhadap tanggung jawab
sosial serta dicintai pelanggan.
KODE ETIK PERUSAHAAN
Sesuai
ketentuan Surat Edaran OJK No.32/SEOJK.04/2015 tentang Pedoman Tata Kelola
Perusahaan Terbuka dan Sarbanes-Oxley Act (“SOA”) 2002 section 406, Telkom
memiliki dan menjalankan kode etik yang berlaku bagi seluruh level organisasi.
Kode Etik Telkom ditetapkan melalui Keputusan Direksi No.PD.201.01/2014 tentang
Etika Bisnis di Lingkungan Telkom Group dan Keputusan Direktur Human Capital
Management No.PR.209.05/r.00/PS800/COP-A4000000/2017 tentang Etika dan
Kepatuhan Karyawan.
Pokok-pokok Kode Etik
Telkom antara lain mengatur mengenai:
1.
Etika Kerja Karyawan; yaitu sistem nilai
atau norma yang digunakan oleh seluruh Karyawan dan Pemimpin dalam bekerja
sehari-hari dengan lingkup sebagai berikut:
a. Perilaku
Utama Karyawan:
i.
Kapasitas dan Kapabilitas Karyawan
ii.
Kewajiban dan Larangan
iii.
Kerahasiaan Informasi
iv.
Infrastruktur
v. Lingkungan Kerja
b. Perilaku
Utama Pemimpin:
i.
Perilaku Pemimpin
ii.
Perilaku Direksi
iii. Perilaku Chief Executive Officer (CEO) dan Chief Financial Officer (CFO)
2.
Etika Usaha yaitu sistem nilai atau
norma yang dianut oleh Perusahaan sebagai acuan Perusahaan, Manajemen dan
Karyawannya untuk berhubungan dengan lingkungannya dengan lingkup sebagai
berikut:
a. Hubungan
dengan Regulator
b. Hubungan
dengan Stakeholder
c. Ketentuan
tambahan
Setiap
tahun, Telkom mengirimkan materi sosialisasi kapada karyawan tentang pemahaman
GCG, etika bisnis, pakta integritas, fraud, manajemen risiko,
pengendalian internal (“SOA”), whistleblowing, pelarangan gratifikasi,
tata kelola TI, menjaga keamanan informasi dan hal-hal lainnya yang
terintegrasi terkait dengan praktik tata kelola perusahaan.
Telkom juga menyelenggarakan program
survei online etika bisnis dengan populasi seluruh karyawan melalui
media portal/intranet yang diakhiri dengan pernyataan kesediaan karyawan
untuk menjalankan etika bisnis. Pemahaman dan penerapan etika bisnis berikut
hasil survei setiap tahun diaudit secara internal maupun eksternal melalui
proses audit SOA 404. Audit tersebut dijalankan dalam rangka penerapan control
environment sesuai skema kerja pengendalian internal COSO pada audit
pengendalian internal tingkat entitas.
BUDAYA PERUSAHAAN
“The
Telkom Way” merupakan budaya perusahaan atau nilai-nilai perusahaan yang
dimiliki Telkom sejak tanggal 10 Juni 2013 yang yang ditetapkan oleh Direksi
melalui surat Keputusan Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT
Telekomunikasi Indonesia Tbk, No.PD.201.00/r.00/HK250/COP-B0020000/2013 tentang
Arsitektur Kepemimpinan dan Budaya Perusahaan. Selanjutnya pedoman implementasi
Budaya Perusahaan di lingkungan Telkom Group ditetapkan dalam Peraturan
Direktur Human Capital & General Affair Telkom No.PR.201.01/r.00/HK250/COP-B0400000/2013
tentang Budaya Perusahaan Telkom Group.
Penetapan
budaya perusahaan diatas mengacu pada Konsep pengelolaan Telkom Group yang
didasarkan pada elemen 8S, yaitu Spirituality, Style, Shared
Values, Strategy, Staff, Skill, System, dan Structure.
Secara lengkap Budaya
Perusahaan diformulasikan sebagai berikut:
·
Philosophy to be the Best: Always The
Best
Always the Best adalah
sebuah basic belief untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap
pekerjaan. Always the Best memiliki esensi “Ihsan” yang dalam
pengertian ini diterjemahkan “terbaik”. Setiap insan Telkom Group yang memiliki
spirit Ihsan akan selalu memberikan hasil kerja yang lebih baik dari yang
seharusnya, sehingga sikap ihsan secara otomatis akan dilandasi oleh hati yang
ikhlas. Ketika setiap aktivitas yang di lakukan adalah bentuk dari ibadah
kepada Tuhan Yang Maha Esa.
· Philosophy to be the Best: Integrity, Enthusiasm, Totality
Always the Best menuntut setiap insan Telkom Group memiliki integritas (integrity), antusiasme (enthusiasm), dan totalitas (totality).
·
Principles to be the Star: Solid, Speed,
Smart
Principles to be the
Star dari The Telkom Way adalah 3S yakni Solid, Speed,
Smart yang sekaligus menjadi core values atau great spirit.
Solid - Seluruh
insan Telkom Group harus memberikan yang terbaik (Always The Best) dan
meningkatkan soliditas di antara seluruh insan Telkom Group sebagai satu Great
Team.
Speed - Segenap
insan Telkom Group harus bekerja cepat dalam setiap kesempatan untuk
memenangkan persaingan. Karena yang cepat akan mengalahkan yang lambat.
Smart - Seluruh
insan Telkom Group dituntut bekerja smart, yaitu memahami tujuan
yang ingin dicapai, menentukan prioritas dan selalu mencari cara baru yang
lebih baik untuk mencapai tujuan.
·
Practices to be the Winner: Imagine -
Focus – Action
Practices to be the
Winner dari The Telkom Way adalah IFA yakni Imagine, Focus,
Action sekaligus sebagai Key Behaviors.
Sosialisasi Dan
Upaya Penegakan Etika Bisnis
Pemahaman dan upaya
mengingatkan kembali kepada karyawan tentang tata nilai dan etika bisnis
dilakukan melalui pengiriman materi sosialisasi dan sekaligus assessment yang
dilaksanakan setiap tahun. Materi tersebut berkaitan dengan pemahaman GCG,
etika bisnis, pakta integritas, fraud, manajemen risiko, pengendalian
internal (“SOA”),whistleblowing, pelarangan gratifikasi, tata kelola TI,
menjaga keamanan informasi dan hal-hal lainnya yang terintegrasi terkait
dengan praktik tata kelola perusahaan. Upaya dimaksud dilakukan melalui program
survei etika bisnis dengan populasi seluruh karyawan. Survei dilakukan
secara online, melalui media portal/intranetyang diakhiri dengan pernyataan
kesediaan karyawan untuk menjalankan etika bisnis. Pemahaman dan penerapan
etika bisnis berikut hasil survei setiap tahun diaudit secara internal maupun
eksternal melalui proses audit SOA 404 terkait dengan penerapan control
environment sesuai kerangka kerja pengendalian internal COSO pada audit
pengendalian internal tingkat entitas.
Evaluasi Implementasi
Etika Bisnis Dan Budaya Perusahaan
Setiap tahun Telkom
melakukan survei internal untuk mengetahui efektivitas penerapan budaya
Perusahaan dan etika bisnis, PT Telkom menyebutnya dengan istilah Etika
Bisnis Family Survey. Beberapa pertanyaan ditujukan kepada karyawan
dilakukan secara online agar dapat menjangkau semua karyawan secara
cepat, meliputi: GCG, Etika Bisnis, Tata NilaiThe Telkom Way, anti fraud,
pengendalian internal, pakta integritas, whistleblowing system, dan
lain-lain. Hasil survei pada tahun 2011, 2012,2013 dan 2014 adalah 74,87 poin,
79,07 poin, 75,80 dan 89,35 poin dari skala 100 poin. Hasil survei tahun
2014 meningkat 13,55 poin dari tahun sebelumnya. Hal ini menggambarkan bahwa
tingkat pemahaman karyawan terhadap etika bisnis semakin meningkat dari tahun
ke tahun.
Sumber :
https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/kode-etik-dan-budaya-perusahaan-78
https://id.wikipedia.org/wiki/Tata_kelola_perusahaan_yang_baik
#bangganarotama
#narotamajaya
#thinksmart
#generasiemas
#suksesituaku
#pebisnismuda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar